Gejala Penyebab dan Pencegahan Kanker Kulit



Gejala Penyebab dan Pencegahan Kanker Kulit




Kanker kulit adalah kanker yang terjadi pada melanosit. Melanosit merupakan sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin berfungsi melindungi kulit agar terhindar dari sinar ultra violet. Tanda umum atau gejalaya mculnya tahi lalat baru pada tahi lalat yang sudah ada. Kondisi ini bisa menyebar keseluruh tubuh.

Tahi lalat yang terkena melanoma terasa gatal dan mengalami pendarahan. Bentuknya tidak beraturan dan warnanya tidak serupa. Ukurannya juga dapat melebihi tahi lalat asli.

Penyebab kanker kulit

Di antara faktor yang menjadi pemicu munculnya kanker kulit ini ialah sinar matahari dan ultraviolet.. Selain itu, faktor lain seperti hereditas/genetik dan lingkungan tempat tinggal juga ikut berpengaruh terhadap munculnya penyakit yang lumayan berbahaya ini.

Pencegahan Kanker Kulit
  1. Menghindari kulit dari sinar matahari langsung
    Gunakan tabir surya.
  2. Pakailah pakaian lengkap.
  3. Periksa tahi lalat dan bintik-bintik secara teratur.
  4. Memberikan nutrisi pada kulit dengan cukup.
  5. Usahakan selalu di tempat yang teduh.
Gejala Kanker Kulit
  1. kalainana pada kuku, seperti warna kuku kecoklatan, pucat, ada keretakan dan lainnya.
  2. Perubahan Pada Mata, seperti terlihat menonjol, bengkang, nyeri disekitar mata, berair dan sebagainya.
  3. Telinga Tidak Normal, Sakit dan nyeri di dalam telinga, yang tidak sembuh-sembuh selama 1 bulan, munculnya benjolan merah seperti mutiara di pinggiran telinga, permukaan bersisik dan sebagainya.
  4. Masalah Pada Kaki. Tiba-tiba timbul benjolan bersisik
  5. Perubahan Pada Bibir. Bibir yang selalu kering, terdapat benjolan dengan bentuk kecil, berwarna merah muda, kasar, dan bersisik dan sebagainya.
  6. Masalah Pada Vagina. Seperti gatal, pendarahan dan sakit.
Pengobatan Kanker Kulit.

Penanganan kanker kulit akan disesuaikan dengan kondisi pasien. Namun, metode utama pengobstsn ksnker kulit dengan operasi.
Jika daignosis penyebaran telah pada tahap parah yang dilakukan adalah perawatan hanya untuk memperlambat penyebaran kanker dan meredakan gejalanya, pada tahap ini diperlukan pengobatan kemoterapi. Jika diagnosis masih berada pada tahap awal maka tindakan operasi dan untuk mencegah kaker kulit mncul kembali pasien harus menjalani perawatan lanjutan.

Artikel Terkait Gejala Penyebab dan Pencegahan Kanker Kulit :

Powered by Blogger.